Festival Bekudo Bono 2013 Kampar Riau

Festival Bekudo Bono merupakan agenda tahunan sebagai ajang untuk lebih mempromosikan kawasan wisata Gelombang Bono atau yang biasa dikenal dengan sebutan Seven Ghosts di Sungai Kampar kepada publik baik domestik maupun internasional. Kegiatan ini diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan dengan pelaksana teknis dari Gurindam Media. Festival Bekudo Bono 2013 ini menjadi kegiatan yang pertama dengan tema "7 days for 7 ghosts" yang diselenggarakan dari tanggal 17 - 23 November 2013.

Keunikan dan kedahsyatan gelombang atau ombak bono di Sungai Kampar Riau dan hanya satu-satunya di Indonesia ombak yang terjadi di sungai, menjadi daya tarik para peselancar dari dalam dan luar negeri. Tak lepas dari keahlian para peselancar lokal yang menggunakan sampan untuk berselancar. Masyarakat setempat menyebutnya Bekudo Bono.

Bekudo Bono adalah berselancar atau kegiatan mengarungi gelombang bono dengan menggunakan perahu (sampan) kayu. Di daerah Riau, sebagian menyebutnya perahu "Kolek". Kegiatan Bekudo Bono (mengendarai ombak bono dengan perahu) ini telah ada sejak dari jaman dahulu dan masih dilakukan sampai sekarang. Kali ini, kegiatan Bekudo Bono dijadikan salah satu ajang kompetisi khusus bagi masyarakat lokal. Peserta kompetisi adalah berkelompok yang terdiri dari 2 orang dengan jalur sepanjang Sungai Kampar yang akan dimulai dari Tanjung Sesenduk dan berakhir di Teluk Meranti. Peserta yang terbaik adalah peserta yang tercepat sampai dengan mengendarai perahu/sampan kayu di depan ombak bono dan dapat meraih bendera yang ditentukan oleh Juri.

Selain Kompetisi Bekudo Bono, dalam Festival Bekudo Bono 2013 diadakan juga Kompetisi Selancar Bono yang diikuti oleh peselancar amatir (lokal) dan profesional (nasional dan internasional). Pemenang kompetisi selancar Bono adalah peselancar yang mampu bertahan dengan waktu terlama dan jarak tempuh terjauh, selain keahlian untuk bermanuver yaitu ketika peselancar dapat berdiri di atas papan selancar dan bergaya memainkan papan di atas ombak bono. Juri yang hadir merupakan Pengurus dari Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) yaitu Arya Soebiakto beserta tim.

Dalam Kompetisi Selancar Bono, peserta nasional dan internasional berada di kelas profesional akan berselancar dari Tanjung Getah Turip menuju Teluk Meranti. Sedangkan peserta lokal untuk kelas amatir yang berselancar dari Teluk Rimba menuju Teluk Meranti.

Dalam Festival Bekudo Bono 2013 ini dilengkapi dengan "Photo Contest On The Spot" dengan Tema "Bono untuk Indonesia". Photo contest ini mengambil tema alam dan lingkungan, sosial budaya, serta human interest dari pelaksanaan festival ini. Ada juga kategori khusus yaitu keindahan gelombang bono dengan para peselancarnya.

Kegiatan acara Festival Bekudo Bono

Pentas Seni & Budaya
Pagelaran pentas seni & budaya ini akan dilaksanakan pada malam hari sepanjang acara pagelaran festival bekudo bono berlangsung. Adapun dalam acara pentas ini akan menghadirkan seluruh kesenian dan kebudayaan yang berada di Kabupaten Pelalawan sebagai kekayaaan lokal. Pentas seni dan budaya ini juga nantinya akan menjadi hiburan tersendiri bagi para pengunjung baik wisatawan local maupun asing yang berkunjung sembari menunggu waktu istirahat. Pentas ini akan dikordinir langsung oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda & Olahraga Kabupaten Pelalawan.

Bazar & Pameran Produk Lokal
Bazar & Pameran ini akan berlokasi di Teluk Meranti dan akan diisi dengan 15 Buah Booth Stand promosi yang disediakan untuk pihak sponsor dan masing-masing Kecamatan di Kabupaten Pelalawan. Setiap Booth Stand yang berukuran 4 x 3 meter ini akan memamerkan aneka produk kerajinan dan produk olahan masyarakat lokal kabupaten Pelalawan. Bazar ini juga menyediakan space untuk para sponsor yang mau mempromosikan produk-produknya yang mana tujuannya adalah untuk lebih menyemarakkan pelaksanaan acara ini secara keseluruhan

Photo Contest On The Spot
Photo contest ini mengambil tema alam & lingkungan, sosial budaya, humaninterest dari sekitar pelaksanaan acara Festival Bekudo Bono 2013 ini serta kategori special adalah keindahan gelombang bono dengan para peselancarnya. Photo Contest ini daiharapkan dapat menjadi daya tarik para peminat photography yang ada di Indonesia untuk dapat hadir dalam pagelaran festival ini. Dan objek hasil dokumentasi yang dihasilkan dapat menambah panjang deretan promosi wisata gelombang bono kedepannya.

Selancar Bono
Kompetisi ini diikuti oleh para peselancar tingkat Lokal, Nasional dan Internasional. Materi penilaian dari kompetisi ini adalah mencari peselancar yang mampu bertahan dengan waktu terlama dan jarak tempuh terjauh. Kategori kompetisi ini akan dibagi menjadi 2 (dua) kelas yaitu Amatir dan Profesional. Bertindak sebagai juri kompetisi merupakan Pengurus dari Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) yang juga telah mencoba dahsyatnya gelombang Bono yaitu Arya Soebaktio & Team yang sudah sangat berpengalaman dan mempunyai justifikasi dibidangnya.

Bekudo Bono (Arung Bono)
Arung Bono atau yang oleh masyarakat lokal disebut dengan Bekudo Bono ini adalah kegiatan mengarungi Gelombang Bono dengan menggunakan perahu kayu. Aktivitas ini merupakan sejarah panjang hubungan masyarakat sekitar dengan gelombang bono di sungai kampar. Peserta dari lomba ini adalah grup atau berkelompok yang terdiri dari 2 orang. Pendaftaran perlombaan ini gratis dan peserta pendaftar wajib mengikuti peraturan dan ketentuan yang diberlakukan oleh panitia.

Info lebih lanjut : http://www.festivalbekudobono2013.com

DENAH LOKASI FESTIVAL BEKUDO BONO 2013

DAFTAR ACARA FESTIVAL BEKUDO BONO 2013


Produk Ikan Salai Sungai Serkap
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Festival Bekudo Bono 2013 Kampar Riau; Ditulis oleh attayaya zam; Rating Blog: 5 dari 5